ENTREPRENEURSHIP

KUNCI KESUKSESAN
Apa yang membedakan seorang entrepreneur yang sukses dan yang tidak?

Jawabannya terletak di dalam ketangguhan mental yang mereka miliki.
Seberapa besar kemampuan seseorang untuk menghadapi kegagalan dan mengkonversi kegagalan menjadi keberhasilan. Mental untuk bangkit dari kegagalan ini adalah salah satu kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh seorang entrpepreneur.

Kegagalan dalam bisnis hanyalah suatu pelajaran bagi entrepreneur untuk bisa lebih baik lagi. Ketika bisnis merugi, maka itu adalah momentum bagi kita untuk mengevaluasi system atau manajemen yang kita bangun. Barangkali ada yang salah dengan produk kita, barangkali ada kendala dalam pencatatan keuangan, mungkin pegawai kita kurang baik performanya, mungkin ada masalah pada lini marketing kita, atau mungkin bisa jadi kita lupa bersedekah. Semua faktor yang ada sebaiknya kita analisa ketika kita mengalami kerugian. Jangan patah semangat jika usaha rugi, bahkan pengusaha sebesar Chairul Tanjung, Ciputra, dll pada awalnya juga mengalami pasang surut dalam bisnisnya.

Kebanyakan orang yang memulai bisnis hanya memikirkan berapa besar keuntungan yang akan diperoleh, namun lupa memikirkan berapa besar kerugian yang akan diperoleh. Mereka siap untuk untung terapi tidak siap untuk rugi.

Padahal jika seorang entrepreneur mampu untuk memperkirakan seberapa besar resiko kerugian yang akan didapatkan, maka ia pun akan mampu mempersiapkan solusi untuk meminimalisir resiko tersebut. Ia dapat memperkirakan faktor-faktor yang rapuh dalam usahanya dan rentan dengan kerugian, kemudian mempersiapkan strategi khusus untuk mengatasinya.

Anda mungkin pernah mendengar istilah “high risk high return”, maknanya setiap bisnis yang memiliki resiko tinggi, memiliki profit yang besar pula.
Risiko tinggi, profit juga tinggi. artinya resiko adalah kunci dari bisnis, atau dengan kata lain: “Siapa yang mampu mengunci resiko bisnis, maka dia akan mampu menguasai bisnis”.

Mulai hari ini, bersiaplah untuk rugi. Pikirkan sejuta solusi untuk mengunci kerugian tsb. Sehingga yang terbuka hanyalah keran rezeki atau profit anda.

Salam sukses.

Paksi Dewandaru

Tips Sukses dari Retail Seven Eleven

Berikut adalah tips tips dari gerai Seven Eleven yang coba saya terapkan dalam bisnis saya Monsterjelly, Bebek Nyimut dan juga cocok diterapkan dalam bisnis kuliner lain yg sedang anda kembangkan.

1. Gerai harus bersih
Kebersihan menjadi hal penting dalam berbisnis minimarket dan restoran. Sebab, yang menjadi modal utama dagangan bisnis tersebut adalah makanan dan minuman. Kebersihan menjadi nilai utama bagi konsumen untuk berkunjung dan membeli barang yang ditawarkan.

2. Harus lengkap produknya
Konsumen akan malas berkunjung ke suatu gerai minimarket dan resto apabila produknya tidak lengkap. Barang-barang yang sekiranya menjadi kebutuhan sehari-hari, incaran, dan paling banyak diburu konsumen, setidaknya harus ada di dalam gerai.

3. Harus segar
Karena berkaitan dengan makanan dan minuman, maka barang yang dijajakan pun harus segar alias tidak kadaluarsa. Pengecekan mengenai tanggal kadaluarsa harus selalu dilakukan agar konsumen tidak menemukan barang tidak layak konsumsi tersebut di dalam gerai. Jangan sampai konsumen menkonsumsi produk kadaluarsa tersebut.

4. Pelayanan harus ramah
Para pegawai yang menjaga gerai minimarket dan resto haruslah ramah. Mereka harus bisa melayani konsumen dengan baik agar konsumen pun senang berbelanja di situ.

5. Lokasi harus di daerah keramaian
Calon pelaku bisnis dalam perencanaannya harus membidik titik-titik lokasi yang berada di pusat keramaian masyarakat. Hal ini penting agar konsumen dapat dengan mudah menjangkau dan menemukan gerai pelaku.

Semoga tips tips di atas, dapat membantu kita utk meraih kesuksesan dalam bisnis.

Salam Monster.. “grauuuuk”
Paksi Dewandaru
@mr_dewandaru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s